Cara Menjaga Lantai Kayu Parket

Lantai yang dilapisi dengan panel kusen atau yang lebih biasa dengan lantai parket mencita-citakan perawatan yang sedikit kian intensif daripada lantai lazim.

Tidak ubahnya seperti ketika Anda memelihara furnitur berbahan dasar kayu, perawatan lantai parket juga memerlukan keuletan yang sama. Sesudah itu merupakan kira-kira cara utk merawat lantai parket Kamu supaya lebih tanah lelet.

1. Biasakan menyapu lantai parket rutin setiap hari agar serdak tidak bertumpuk pada rataan parket. Pakailah sapu berbulu lembut / penyedot serdak (vacuum cleaner) untuk membasmi dan lanjutkan dengan lap kering dalam mengangkat sisa-sisa debu.

2. Mengingat benda utama lantai parket dibuat dari kayu, dipastikan musuh utamanya adalah kelembaban. Disarankan menjaga lantai parket dengan penyedot debu / sapu pula. Jangan sudah mengepel lantai parket, soalnya genangan air yang terkurung di martabat plywood siap melapukkan kayu.

Selain ini, dengan meningkatnya kelembaban dalam parket siap menimbulkan pertarungan tekanan yang drastis. Alhasil sendi parket bisa lepas dan jika diinjak lantai akan bersuara atau berderik.



3. Meskipun banyak barang lantai parket yang menjanjikan tahan impresi dan tak bisa dirembesi air, kian baik hindari penggunaan uap pada lantai parket untuk menjaga keawetannya. Jangan hingga air menetes ke di dalam pori-pori parket karena mau membuatnya tumbang.

4. Kalau lantai parket Anda terbentur noda target atau minuman, segera angkat kotorannya pada tisu atau lap kering. Lalu manfaatkan cairan pribadi pembersih kayu parket dalam membersihkan level permukaannya.

5. Agar gak menimbulkan loreng atau kekufuran pada tempat lantai parket, Anda kudu berhati-hati begitu memindahkan barang. Sebaiknya kira-kira diangkat & alas furnitur dilapisi karet agar gak menimbulkan tempat goresan dalam lantai.



Tumpuan kaki alias sepatu yang digunakan pun sebaiknya bukan tajam & keras. Hindari memindahkan produk atau furniture dengan cara mendorongnya di atas lepek parket, sebab cara ini sangat berpotensi merusak martabat parket dalam rumah Kamu.

6. Dalam lantai parket yang dibuat dari kayu teguh atau tiang keras, perawatan tambahan yang dilakukan ialah proses waxing atau penyemiran ulang pada setiap bulan pada menggunakan bahan pengkilap kusen (teak oli, pledge) & tiap dua tahun sekali sebaiknya dijalani coating ulang.

7. Bagi membersihkan noda membandel sekaligus membuat lantai parket kian berkilau, Anda bisa mendayagunakan air sangkil lemon alias belimbing wuluh. Atau Kamu bisa membangun white vinegar yang didiamkan selama 4 menit dalam noda di lantai parket, lalu Dikau bersihkan pada kain lap yang putih.

8. Matras dapat jadi alternatif bagi menutupi lantai parket, bahkan pada area atau ruangan yang paling sering dilalui. Namun pilihlah karpet pada lapisan yang tidak licin sehingga tidak mudah tergeser yang mungkin bakal menyebabkan siapapun yang melaluinya tergelincir atau terpeleset.

9. Selain menjaga lantai parket jual lantai kayu dari kelembaban, sebaiknya Engkau gunakan lepek atau bahan kimia anti melata. Untuk memproduksi lantai parket anti merangkak bisa dikerjakan penyuntikan pada kepingan kayunya. Atau tatkala Anda menunang material parket ini, Anda bisa menyeleksi jenis parket yang sudah biasa disuntik dengan cairan perlawanan rayap.

10. Untuk kawasan tropis, lantai parket benar-benar membutuhkan penyelenggaraan ekstra sebab warna gawang bisa luntur akibat cahaya matahari. Bagi menjaga agar penampilan parket tetap awet, sebaiknya Kau sering menyalin letak perangkat di ruangan yang menggunakan parket. Dikau juga mampu melakukan proses steam pada setiap enam tarikh sekali. Mode steam tersebut dimaksudkan supaya warna & kebersihan parket tetap terlatih dengan elok.

Write a comment

Comments: 0