Kelengkapan Berkemah Bagi Pramuka

Kelengkapan berkemah diartikan sebagai berbagai bahan dan aparat yang kudu disiapkan sebab seorang pramuka ketika hendak mengikuti perkemahan. Berbagai peranti tersebut kudu disiapkan terlebih dahulu karena kelancaran untuk mengikuti perkemahan. Jenis & macam ransum yang pantas disiapkan sebelum mengikuti perkemahan harga jual tenda promosi harus disesuaikan dengan ruang, lama, tempat, dan wujud perkemahan. Perkemahan yang dilaksanakan satu perian dengan perkemahan yang berjalanberlaku, berlanjur, berlantas, berproses, terjadi, satu ahad pasti mengempik peralatan yang berbeda. Pula biar berkemah di daerah pegunungan dengan di dataran rendah dengan membutuhkan peranti yang juga berbeda.

Peralatan dalam berkemah dapat dikelompokkan sebagai dua siasat, yaitu bahan kelompok & peralatan karakter. Peralatan grup adalah bahan yang harus disiapkan dan digunakan berdasar pada bersama-sama. Sebaliknya, peralatan diri adalah kelengkapan untuk masing-masing anggota kelompok.

Siasat Jenis Bahan Kemah Kelompok

Peralatan berkemah ini dimanfaatkan secara rapat atau bermufakat satu regu atau penopang. Sehingga bagi mempersiapkannya dibutuhkan koordinasi alias pembagian pada masing-masing cantrik. Usahakan pengelompokan penyiapan peralatan ini semerbak ke segenap anggota kelompok. Contoh peralatan kemah yang harus dipersiapkan berdasar pada bersama-sama (berkelompok) adalah:

Tenda Pramuka serta perlengkapannya sebagaimana tiang tenda, tali tenda, pasak, serta palu pemukul pasak.

Peralatan memasak, seperti kompor balig, panci, wajan, timba air, sendok daun, pisau, dsb.

Bahan makanan, seperti beras, mi instan, dan lauk.

Tikar tenda

Cangkul kuntet untuk mengarang parit air di sekitar tenda

Kompas

Bendera Berma Putih, duaja WOSM, dan bendera Tunas Kelapa (bendera gudep alias kwartir)

Lampu penerangan

Dalam beberapa rupa perkemahan alias jika dibutuhkan, dapat juga dilengkapi dengan perlengkapan untuk membuat gapura tenda, pagar sekeliling tenda, alat kebersihan, perlengkapan tiang bendera, dsb.

Macam Jenis Peralatan Kemah Pribadi

Kelengkapan pribadi merupakan barang-barang yang digunakan dengan pribadi per setiap anggota kelompok. Untuk menyiapkannya setiap warga membawa peralatan sesuai menggunakan kebutuhan. Peranti yang dibawa haruslah peranti yang benar2 dibutuhkan jadi tidak mendahulukan saat membawanya.

Masukkan serta atur sedemikian rupa kesemua peralatan berkemah tersebut di dalam tas rangsel. Penyusunan kelengkapan berdasarkan berat benda (barang yang ukuran di tarus di unit atas rangsel), serta waktu dan seringnya barang dipakai (barang jauh digunakan ataupun masih periode diletakkan yang bagian lembah rangsel). Dress ganti sepatutnya dimasukkan dulu ke dalam kantong plastik, pun utk pakaian licik, jika bukan sempat dicuci, dimasukkan agaknya dalam medan plastik tukang peras. Sedangkan kalam, peralatan sehat, dan obat-obatan, masing-masing dimasukkan wadah terbelah untuk mengecilkan pengambilan jika sewaktu-waktu diperlukan.



Kesemua peralatan yang dibawa dalam berkemah, baik bahan kelompok atau pun peralatan diri, hendaknya didata. Baik pra ataupun sehabis perkemahan setelah, masing-masing siap megececk peralatannya agar tidak ada peralatan yang tertinggal.

Write a comment

Comments: 0